Sunday, May 21, 2006

Pudding Caramel Kaca


Simple betul pudding ini, hanya rasa caramelnya harus betul2 legit agak pahit dipadu dengan vla yang sangat rich, dan taburan mete coklat membuat hidangan ini unik. Merupakan favorites saya apalagi musim panas, wah adem banget rasanya deh makan pudding simple ini.

Bahan :
400 gr gula
3 sdm air
buat karamel dengan bahan diatas, sampai agak coklat, agak pahit sedikit.

tambahkan air sebanyak 1000 cc, godog hingga larut semua bahan.

Ukur air, bila menyusut tambahkan sampai pas 1000cc. Godog kembali hingga mendidih.
Masukkan kopi instant 1 sdm dan larutan agar2 ( 2 bungkus agar2 dilarutkan dengan 400 cc air), aduk2 hingga rata. Cicipi, bila agak terlalu pahit tambahkan gula, tapi bisa pas gosongnya gula makan tidak perlu ditambahkan gula.
Didihkan sampai agar2 larut, tuang dalam cetakan. Dinginkan.


Vla creme :
6 kuning telur
30 gr custard
30 gr maizena
15 gr terigu
1500 air
200 cc Susu Kental manis
300 gr gula pasir
1/2 sdt garam
400 cc cream dinginkan

Didihkan air 1000cc dengan gula dan SKM, Cairkan maizena, custard dan terigu dengan air sisanya, dan masukkan juga kuning telornya, kocok kuat agar semua bahan tercampur mulus.
Bila air sudah mendidih, masukkan campuran telor tadi, aduk2 rata, agar tidak menggumpal, aduk sampai mendidih, lalu angkat dari api.
Dinginkan dengan ditutupi plastik yang menempel pada vlanya agar tidak terjadi langit2. Bila sudah dingin ( jika perlu setelah hangat masukkan lemari es) , campur dengan cream kocok rata, dan jika suka boleh ditambahkan rhum 1 sdm. Dinginkan

Penyajian :
Potong pudding sesuai selera, siramkan vla yang sudah dingin, lalu taburi mete coklat yang dihancurkan kasar2. Bagus disajikan dingin.

( Mete coklat adalah mete yang dibungkus meringue coklat, dioven sampai matang)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home